Selasa, 26 April 2011

Cara Mendaftar Blog di WordPress

Cara Mendaftar Blog di WordPress
Cara Mendaftar Blog di WordPress
Cara Mendaftar Blog di WordPress

Membuat sebuah homepage berbentuk blog sangatlah mudah bagi orang yang mau belajar dan berusaha. Ada banyak sekali penyedia blog gratis di Internet. Antara lain seperti WordPress, Blogger atau lebih dikenal Blogspot, Multiply, Blogdrive, Blogsome, Blog dan lain sebagainya. Untuk posting ini akan diberikan cara mudah memiliki blog gratis dengan subdomain dan hosting di WordPress. Kalau ingin mengetahui lebih detail tentang WordPress juga bisa dibaca di web www.Wordpress.org. Adapun yang ingin memiliki source-nya bisa didownload di www.wordpress.com/download/.
Berikut ini langakah untuk memiliki blog di WordPress:
1. Buka halaman http://www.wordpress.com, atau langsung menuju http://www.id.wordpress.com untuk WordPress versi Bahasa Indonesia.
Tampilan www.wordpress.com
Sedangkan berikut adalah tampilan www.id.wordpress.com, WordPress Berbahasa Indonesia.
2. Untuk memulai nge-Blog klik tombol Sign Up Now! atau klik Daftar Sekarang. Sehingga muncul halaman baru sebagai berikut:
Nama pengguna atau user harus dipilih minimal 4 karakter yang hanya boleh terdiri dari angka dan huruf. Tidak diperkenankan karakter selainnya seperto -, _, @, . dlsb. Kemudian isikan kata sandi (password) yang bisa menggunakan huruf besar, huruf kecil, nomer atau simbol seperti !ӣ$%^&( didalam password anda. Sebaiknya gunakan perpaduan huruf besar dan huruf kecil serta angka dan pilih kata sandi tersebut yang mudah Anda ingat. Simpan password tersebut dan jangan sampai diketahui oleh orang lain, karena hal tersebut privacy Anda.
Kemudian masukkan alamat email Anda. Dengan kata lain untuk memiliki blog Anda harus mempunyai email sendiri terlebih dahulu. Gunanya adalah karena WordPress secara otomatis akan mengirim informasi administratif kealamat email tersebut untuk proses verifikasi kebenaran alamat email Anda. Jadi mohon diperiksa ejaannya, pastikan alamat email anda sudah benar. Selanjutnya email Anda akan menjadi pusat informasi dan komunikasi antara Anda dan Blog Anda. Misalnya jika ada pengunjung blog Anda yang mengisi komentar, Anda akan diberikan info notifikasi ke alamat email Anda untuk proses moderasi komentar tersebut. Selanjutnya jangan lupa berikan tanda di kolom Legal flotsam sebagai bukti bahwa Abda telah membaca dan mensetujui persyaratan dan layanan yang diberikan WordPress. Selanjutn ya untuk memiliki sebuah blog Anda harus memilih opsi “Berikan aku blog!” bukan hanya sekedar username saja. Kemudian klik tombol Next dibawahnya.
3. Selanjutnya Anda diminta memilih nama sub domain blog Anda. Misal memakai subdomain workshopict, maka alamat blog Anda nantinya menjadi http://workshopict.wordpress.com. Selanjutnya berikan judul blog Anda yang sesuai dengan isi atau tema blog Anda misal “Workshop Pokja ICT”. Pilih bahasa yang akan anda gunakan dalam menulis blog. biasanya sudah diset default ke dalam id-Bahasa Indonesia. Kemudian bila blog Anda ingin bisa visible dan searchable di internet, sebaiknya beri tanda centang pada keterangan “Saya ingin blog ini tampak di mesin pencari seperti Google, Technorati dan didaftar publik milik Wordpres.com”. Selanjutnya klik tombol “Daftar” dibawahnya.
4. Check account email Anda, Buka email aktivasi yang dikirim Tim Support WordPress. Lemudian click link aktivasi blog Anda. Anda akan langsung diarahkan kembali ke dasboard control panel account wordpress Anda. Blog Anda sudah online dan bisa diakses dan Anda bisa memulai menulis dan mengedit blog Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar